Senin, 14 April 2014


Pembuluh darah adalah saluran tertutup yang membawa darah dari jantung ke jaringan dan kembali ke jantung. Darah terutama mengalir melalui pembuluh diantaranya karena gerak maju yang diberikan oleh daya pompa jantung. Pembuluh darah biasanya terdiri atas lapisan-lapisan sebagai berikut:
1.      Tunika intima (tunika interna) terdiri atas selapis sel endotel yang membatasi permukaan dalam pembuluh. Di bawah endotel adalah lapisan subendotel, terdiri atas jaringan penyambung jarang halus yang kadang-kadang mengandung sel otot polos yang berperan untuk kontraksi pembuluh darah.
2.      Tunika media terdiri dari sel-sel otot polos yang tersusun melingkar (sirkuler). Pada arteri, tunika media dipisahkan dari tunika intima oleh suatu membrane elastik interna. Membran ini terdiri atas elastin, biasanya berlubang-lubang sehingga zat-zat dapat berdifusi melalui lubang-lubang yang terdapat dalam membran dan memberi makan pada sel-sel yang terletak jauh di dalam dinding pembuluh. Pada pembuluh besar, sering ditemukan membrana elstika externayang lebih tipis yang memisahkan tunika media dari tunika adventitia yang terletak di luar.
3.  Tunika adventitia terdiri atas jaringan penyambung dengan serabut-serabut elastin. Pada pembuluh yang lebih besar, vasa vasorum (pembuluh dalam pembuluh) bercabang-cabang luas dalam adventitia.
4.   Vasa vasorum memberikan metabolit-metabolit untuk adventitia dan tunika media pembuluh-pembuluh besar, karena lapisan-lapisannya terlalu tebal untuk diberi makanan oleh difusi dari aliran darah.

Pembuluh darah terdiri atas arteri dan vena. Arteri berhubungan langsung dengan vena pada bagian kapiler dan venula yang dihubungkan oleh bagian endotheliumnya. Arteri dan vena terletak bersebelahan. Dinding arteri lebih tebal dari pada dinding vena. Dinding arteri dan vena mempunyai tiga lapisan yaitu lapisan bagian dalam yang terdiri dari endothelium, lapisan tengah yang terdiri atas otot polos dengan serat elastis dan lapisan paling luar yang terdiri atas jaringan ikat ditambah dengan serat elastis. Cabang terkecil dari arteri dan
a.     Pembuluh Nadi (Arteri)
Pembuluh nadi adalah pembuluh yang membawa darah dari jantung dan umumnya mengandung banyak oksigen.pembuluh ini tebal, elastis dan memiliki sebuah katup (Valvula semilunaris) yang berada tepat diluar jantung. Pembuluh nadi yang dilewati darah adalah :
1.    Pembuluh nadi besar (Aorta)
Aorta adalah pembuluh yang dilewati darah dari bilik kiri jantung menuju keseluruh tubuh.
2.    Pembuluh nadi paru-paru (Arteri pulmonalis)
Pembuluh nadi paru-paru adalah pembuluh yang dilewati darah dari bilik kanan menuju paru-paru (pulmo). Pembuluh ini banyak mengandung karbondioksida yang akan dilepaskan  ke paru-paru. 
b.    Pembuluh Balik (Vena)
Pembuluh balik adalah pembuluh yang membawa darah kembali kejantung, yang umumnya banyak mengandung karbondioksida. Saat jantung berelaksasi (diastole), darah dari tubuh dan pru-paru akan masuk kejantung melalui vena. Pembuluh balik ini merupakan tempat masuknya darah kejantung. Vena ini diselubungi oleh otot rangka dan memiliki sebuah katup, yaitu valvula semilunaris. Pembuluh balik yang masuk ke jantung adalah :
1.      Vena kava
Vena kava bercabang-cabang menjadi pembuluh yang lebih kecil, yaitu Vena. Vena bercabang lagi menjadi kapiler vena yang disebut Venula. Ada dua macam Vena kava yaitu:
a.       Vena kava superior yang membawa darah yang mengandung CO2 dari bagian atas  tubuh ( kepala, leher dan anggota badan atas) ke serambi kanan jantung.
b.      Vena kava inferior yang membawa darah yang mengandung CO2 dari bagian tubuh lain dan aanggota badan bawah tubuh keserambi kanan jantung.
2.      Vena pulmonalis
                          Vena ini membawa darah yang mengandung O2 dari paru-paru keserambi kiri jantung.

0 komentar:

Posting Komentar